Tips Mencegah Nyeri Pinggang Akibat Terlalu Lama Duduk

Melakukan perjalanan panjang dengan kendaraan, seperti mobil, kereta api, bus atau pesawat terbang akan membuat tubuh lelah. Bahkan, beberapa orang bahkan mungkin mengalami sakit punggung bawah. Lantas bagaimana cara mencegah sakit punggung jika harus duduk di kendaraan dalam waktu lama? Ayo, simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa lama duduk di kendaraan menyebabkan sakit punggung?

Nyeri punggung bawah (low back pain) ditandai dengan munculnya nyeri di daerah pinggang, yaitu di atas bokong. Sebagian besar kondisi ini umum pada orang tua. Sendi, otot, dan tulang belakang mereka menjadi aus seiring bertambahnya usia.

Nyeri punggung bawah berulang. Selain mempertahankan gaya hidup sehat, orang dengan kondisi ini juga harus menyesuaikan kegiatan mereka. Misalnya, jangan tinggal terlalu lama untuk menghindari pengulangan sakit punggung.

Dengan meluncurkan studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Mie, para peneliti menemukan hubungan antara nyeri punggung bawah dan aktivitas mengemudi.

Ini karena panduan mengharuskan seseorang duduk lama.

Duduk dalam waktu lama, bahkan ketika berada di dalam kendaraan, menyebabkan tekanan yang berlebihan pada otot dan tulang di punggung bagian bawah. Selain itu, duduk juga cenderung mengeraskan otot karena tidak aktif bergerak.

Dua hal inilah yang memungkinkan meningkatnya risiko sakit punggung dan memicu gejala punggung.

tips untuk mencegah sakit punggung karena lama tinggal di dalam kendaraan

obat tradisional untuk sakit punggung bawah, sakit punggung bawah herbal, sakit punggung bawah alami, sakit punggung bawah
Tip untuk mencegah sakit punggung saat duduk di kendaraan untuk waktu yang lama
Duduk dalam waktu lama meningkatkan risiko dan memicu sakit punggung. Untuk ini, Anda perlu tahu cara mencegahnya.

1. Duduk di posisi yang disarankan

Salah satu cara untuk mencegah nyeri punggung bawah ketika duduk di kendaraan untuk waktu yang lama atau mengemudi adalah mempertahankan postur tubuh yang benar.

Saat Anda duduk, postur tubuh Anda dapat bengkok ke depan atau ke belakang, atau menekuk ke kanan atau kiri. Posisi duduk yang salah ini dapat muncul kembali dari nyeri punggung bawah.

Saat duduk, jaga pinggul dan lutut Anda pada sudut yang benar. Letakkan kaki Anda di lantai. Jangan duduk dengan kaki bersilang. Jika perlu gunakan bantalan di kaki agar kaki tidak mengunci.

Agar lebih nyaman, Anda bisa menambahkan bantalan pendukung di punggung Anda. Misalnya, selimut lipat atau handuk kecil atau bantal.

2. Gunakan alat pendukung untuk duduk

Selain handuk atau bantal, Anda dapat menggunakan pembalut khusus untuk mencegah sakit punggung ketika Anda tahu Anda ingin duduk lama di jalan atau di dalam kendaraan. Instrumen ini disebut lumbar roll, yang merupakan bantalan penyangga yang menjaga posisi duduk.

Pilih kursi dengan sandaran tangan. Lalu letakkan gulungan lumbar di sekitar lekukan punggung di atas bokong. Letakkan tangan Anda di belakang kursi agar tubuh Anda tetap rileks dan duduk tegak.

Saat Anda ingin bangun, jangan mendorong tubuh Anda ke depan. Namun, pertama-tama luruskan kaki Anda, lalu perlahan-lahan angkat tubuh Anda.

3. Pastikan tubuh tetap aktif

Cara mencegah nyeri punggung bawah saat duduk di kendaraan berikutnya untuk waktu yang lama adalah dengan mengurangi tekanan dan kekakuan pada otot. Jadi, ketika Anda duduk lama, luangkan waktu untuk bergerak.

Anda bisa pindah ke toilet, membeli makanan di tempat istirahat atau bangun sebentar setiap 15 atau 20 menit.

4. Jangan lupa minum air putih

Langkah terakhir untuk mencegah nyeri punggung bawah saat duduk di kendaraan dalam waktu lama adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain mencegah dehidrasi, air adalah salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk berfungsi secara normal.

Jika kebutuhan air tidak mencukupi, tubuh akan menghasilkan sinyal. Salah satu tanda adalah kejang pada otot yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Jadi, penuhi kebutuhan cairan Anda dengan air atau jus.

Baca juga :


Comments are Closed