Mengapa tidur nyenyak penting bagi orang tua?

Seiring bertambahnya usia, seseorang akan mengalami perubahan dramatis dalam pola tidur. Itu sebabnya manula sering menderita insomnia, jadi bangun pagi dan tidur lebih cepat di siang hari. Padahal, cukup istirahat sangat memengaruhi ketahanan fisik dan emosi para lansia. Lantas bagaimana cara mengatasi sulitnya tidur nyenyak pada lansia? Penjelasan berikut

Mengapa tidur nyenyak penting bagi orang tua?

Kualitas tidur yang baik di malam hari sangat penting bagi orang dewasa, terutama orang tua. Alasannya adalah bahwa tidur nyenyak dapat membantu meningkatkan daya ingat pada lansia, sehingga mengurangi risiko kepikunan.

Tidur cukup pada saat yang sama juga berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak yang terjadi di siang hari. Akibatnya, sistem kekebalan lansia menjadi lebih kuat, jadi jangan mudah sakit.

Menurut laporan Panduan, orang tua yang sulit tidur nyenyak cenderung mengalami depresi, sulit berkonsentrasi, mudah pikun, tidur di siang hari dan lebih mudah jatuh di malam hari. Bahkan, gangguan tidur ini juga dapat membuat orang tua lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, masalah berat badan, risiko kanker payudara pada wanita yang lebih tua.

Oleh karena itu, lansia didorong untuk beristirahat dari 7,5 hingga 9 jam setiap malam. Untuk mengetahui apakah waktu istirahat yang cukup pada lansia biasanya terlihat pada mood dan kondisi fisik lansia di pagi hari. Jika orang tua tampak lelah dan mudah tersinggung atau tersinggung di siang hari, maka ini adalah tanda bahwa mereka kurang tidur.

Saran kuat untuk mengatasi sulit tidur pada orang tua
Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan hormon pertumbuhan yang lebih rendah. Pada saat yang sama, tubuh akan memproduksi lebih sedikit hormon melatonin, yang menyebabkan lansia sering terbangun di malam hari.

Berikut ini adalah tips efektif untuk mengatasi insomnia pada lansia.

1. Buat jadwal tidur yang teratur
penyebab insomnia
Tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu lansia tidur nyenyak di malam hari. Para lansia disarankan untuk tidur dan bangun setiap hari pada waktu yang sama, bahkan pada akhir pekan atau selama liburan.

Meskipun pada awalnya sulit, Anda dapat membantu lansia dengan merencanakan ritual khusus sebelum tidur untuknya. Misalnya, mandi air panas, latihan pernapasan atau meditasi satu jam sebelum tidur.

Jika dilakukan secara rutin, tubuh akan memiliki ritme dengan mengirimkan sinyal bahwa kegiatan ini memberikan waktu tidur bagi lansia. Metode ini juga dapat membantu merilekskan tubuh dan membantu tidur lebih cepat.

2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman
orang tua lebih cepat lupa
Kunci untuk mengatasi sulitnya tidur pada orang tua adalah menghadirkan suasana tidur yang nyaman. Setelah kondisi ruangan terasa nyaman, tubuh akan lebih mudah beradaptasi untuk tidur lebih cepat.

Orang tua cenderung lebih sensitif terhadap suara, cahaya, dan udara hangat. Dengan cara ini, pastikan kamar tidur tenang, gelap dan segar. Jika Anda masih tidak bisa tidur, gunakan bantuan alat peredam bising putih dari kipas angin atau AC, penutup mata, dan penyumbat telinga untuk mengurangi cahaya dan kebisingan.

Hindari berbagai hal yang dapat mengganggu tidur para lansia seperti suara dan cahaya televisi, ponsel atau laptop. Pastikan untuk mematikan semua perangkat komunikasi sebelum tidur sehingga Anda dapat tidur nyenyak di malam hari. Jadikan kamar tidur hanya sebagai tempat tidur, bukan tempat untuk menonton TV, makan atau bekerja.

3. Atur program tidur siang
para lansia sering tidur siang
Tidur siang sebenarnya bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan tidur nyenyak pada lansia. Orang yang lebih tua diizinkan untuk tidur siang, dengan catatan yang cukup untuk menghindari gangguan tidur mereka di malam hari.

Karenanya, batasi waktu tidur siang sekitar 15 hingga 45 menit. Meskipun tampaknya pendek, sebenarnya bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan dan ingatan orang tua. Sebaliknya, tidur siang yang lama bisa membuat orang tua lebih sulit berkonsentrasi setelah bangun tidur.

4. Perhatikan asupan makanan sehari-hari
diet untuk orang tua
Jika lansia sulit tidur pada malam hari, coba periksa kembali asupan makanan Anda setiap hari. Tanpa disengaja, beberapa jenis makanan yang dikonsumsi oleh lansia dapat menjadi penyebab sulit tidur hingga sekarang.

Untuk mengatasi insomnia pada lansia, hindari berbagai minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Karena kedua zat tersebut dapat menyebabkan gangguan tidur pada lansia.

Kandungan kafein dapat membuat orang tua bertambah tua di malam hari. Sementara itu, alkohol benar-benar dapat membuat seseorang tidur lebih cepat, tetapi sayangnya itu juga membuat mereka lebih cepat bangun dan sulit tidur lagi.

Jadikan kondisi pencernaan orang tua lebih sehat dengan menghindari makanan pedas dan terlalu banyak. Karena itu, lansia dianjurkan untuk makan dalam jumlah sedang, lebih disukai makan sereal rendah gula, yoghurt atau susu panas yang dapat membantu mereka tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Olahraga teratur
lansia sehat
Sebuah penelitian di Northwestern University mengungkapkan bahwa olahraga teratur (terutama olahraga aerobik) dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan durasi tidur pada lansia dengan insomnia. Sebab, olahraga dapat memicu produksi hormon serotonin yang berfungsi mengatur emosi, daya ingat dan mengurangi tingkat stres dalam tubuh akibat kelelahan fisik.

Jenis-jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah jogging atau bersantai dengan berjalan kaki, dengan sepeda, golf, berenang, menari, dan aerobik. Namun, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menyesuaikan tubuh lansia dengan jenis olahraga yang tepat.

Baca juga :


Comments are Closed