Apa Perut Kamu Buncit? Simak Cara Mengatasinya Disini!

Perut yang panjang tidak hanya memengaruhi penampilan tetapi juga membahayakan kesehatan secara umum. Perut yang diperpanjang berbahaya karena penumpukan lemak. Apa bahaya perut kembung yang bisa ditimbulkan? Dan bagaimana Anda bisa mengecilkan perut buncit? Lihat penjelasannya.

Perut yang panjang disebabkan oleh penumpukan lemak di perut. Lemak di perut terdiri dari dua jenis: lemak subkutan dan lemak visceral. Lemak subkutan adalah lemak yang ditemukan di bawah kulit. Lemak ini bisa dicubit dan terlihat.

Bahaya perut buncit dan cara mengatasinya

Sementara lemak visceral ada di sekitar organ-organ dalam tubuh, itu tidak terlihat. Lemak visceral ini sering dikaitkan dengan obesitas di perut. Lemak visceral tidak hanya berbahaya karena meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti penyakit jantung, tetapi juga sangat sulit dihilangkan.

Apa yang menyebabkan perut panjang?

Seperti halnya obesitas dalam tubuh, perut yang panjang berkembang karena asupan makanan melebihi energi yang dibutuhkan untuk aktivitas fisik. Jika Anda makan terlalu banyak, terutama makanan yang tinggi gula dan kolesterol dan terlalu sedikit berolahraga, Anda akan menumpuk lemak di dalam tubuh, termasuk lemak di perut.

Obesitas dalam keluarga, kurang tidur, konsumsi alkohol dan stres tinggi juga berdampak pada penampilan perut yang membesar. Usia dan ketidakseimbangan hormon pada wanita pascamenopause juga memfasilitasi perkembangan perut yang membesar.

Apa perut bengkak yang berbahaya?

Ukur lingkar pinggang untuk melihat apakah Anda kelebihan berat badan. Anda bisa menggunakan pita pengukur yang melilit perut Anda. Posisi meter sejajar dengan ujung tulang umbilikal dan panggul. Seorang pria dinyatakan kelebihan berat badan jika lingkar pinggangnya melebihi 102 cm. Pada wanita, bagaimanapun, lebih dari 89 cm.

Untuk memantau status gizi, dimungkinkan juga untuk menghitung indeks massa tubuh. Semakin tinggi indeks massa tubuh, semakin banyak lemak dalam tubuh.

Bahaya menimbun lemak perut

Bagi Anda yang perutnya membesar karena kandungan lemaknya yang tinggi, Anda harus waspada karena kondisi ini meningkatkan risiko sejumlah penyakit berbahaya.

Kumpulan lemak dalam tubuh dapat melepaskan senyawa inflamasi dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Senyawa antiinflamasi juga disebut sebagai sitokin. Zat ini dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Para peneliti juga menemukan bahwa senyawa sitokin dapat menyebabkan jenis kanker tertentu. Telah dikatakan bahwa lemak perut berhubungan erat dengan kanker usus besar, kanker kerongkongan dan kanker pankreas.

Risiko perut membesar juga terkait dengan peningkatan produksi kolesterol jahat dan penurunan produksi kolesterol baik. Karena alasan ini, perut yang panjang dapat meningkatkan risiko gangguan kolesterol tinggi. Selain itu, kelebihan lemak menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengendalikan gula darah, meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, kelebihan lemak dapat menyebabkan masalah pernapasan dan bahkan meningkatkan risiko kematian dini karena penyakit kardiovaskular.

Bagaimana kontrak perut?

Seperti dijelaskan di atas, lemak visceral adalah lemak yang berperan dalam penampilan perut yang membesar. Tidak seperti lemak subkutan, yang dekat dengan kulit, lemak ini terletak di sekitar organ internal, sehingga sulit untuk dihilangkan. Namun, ada beberapa cara untuk mengurangi panjang perut.

Anda dapat mengencangkan otot perut Anda dengan sit-up atau gerakan lain, tetapi melakukan latihan ini tidak secara substansial menghilangkan perut kembung. Lakukan kombinasi strategi diet dan olahraga yang bertujuan untuk mengurangi berat badan dan mengurangi lemak tubuh.

Meskipun mengecilkan perut yang membesar bukanlah tugas yang mudah, Anda masih perlu mencoba untuk mengatasi perut yang panjang. Opsi berikut dimungkinkan.

  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalori
    Untuk mengurangi lemak perut, perlu untuk mengurangi asupan kalori di bak mandi. Konsumsi kalori dikurangi setidaknya 500-1000 kalori sehari dari total permintaan. Kurangi karbohidrat dan mulailah makan banyak sayuran, buah-buahan, produk susu rendah lemak, biji-bijian dan protein tanpa lemak.
  • Tingkatkan aktivitas fisik
    Kurangnya aktivitas dapat membuat Anda sulit untuk mengurangi perut yang terlalu besar. Mulailah membiasakan diri dengan olahraga dengan kombinasi latihan kekuatan dan jika Anda tidak terbiasa melakukan latihan yang berat, mulailah dengan berjalan atau yoga.
  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol
    Minuman beralkohol tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi juga dapat menyebabkan perut Anda membengkak.
  • Hindari stres
    Stres juga bisa memicu perut lelah. Jika Anda memiliki masalah, cobalah bermeditasi, bersantai dan berbicara dengan orang di sebelah Anda.
  • Tidur yang cukup
    Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan, yang mempengaruhi diet. Banyak penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur meningkatkan berat badan. Rekomendasi tidur harian untuk orang dewasa adalah antara 7 dan 8 jam

Untuk mengurangi ukuran perut Anda, mulailah menjalani kehidupan yang sehat dengan mempertahankan asupan makanan Anda, mengubah gaya hidup Anda dan rajin berolahraga untuk menghindari risiko perut membesar. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui cara mengurangi kelebihan lemak dan menjaga berat badan ideal untuk Anda.

Baca Juga :


Comments are Closed